Peluang Bisnis Sayuran Dan Ikan Akuaponik

 Lahan yang semakin sempit akibat peningkatan jumlah penduduk di Indonesia menjadi salah satu kendala dalam mendirikan suatu usaha di bidang pertanian dan perikanan. Semakin berkembangnya pengetahuan masyarakat, bertambahnya jumlah penduduk, serta meningkatnya kesejahteraan hidup, kebutuhan pemenuhan pangan khususnya ikan air tawar dan sayuran meningkat. Meningkatnya permintaan pasar yang tinggi, sedangkan lahan yang tersedia semakin sempit salah satu upaya untuk mengatasinya yaitu dengan sistem akuaponik yang merupakan inovasi baru di bidang perikanan dan pertanian.

Akuaponik bisa menjadi jawaban dan solusi yang tepat bagi permasalahan di atas. Sistem akuaponik memberikan banyak keuntungan bagi para pebisnis, salah satunya, sistemnya yang lebih efektif dan efisien karena bisa mendapatkan hasil panen ganda. Lalu, bagaimana peluang bisnis untuk ikan dan syuran akuaponik? Mari kita bahas selanjutnya.

PELUANG BISNIS IKAN

Permintaan penjualan ikan untuk dikonsumsi terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, karena permintaan konsumen yang tinggi inilah yang membuat banyak orang mulai merintis usaha budidaya ikan konsumsi. Ikan yang paling banyak dikonsumsi adalah ikan air tawar. Hal ini juga bisa menjadi salah satu peluang usaha desa yang menjanjikan karena budidaya ikan air tawar untuk dikonsumsi ini tidak membutuhkan biaya yang besar dan perawatannya pun tergolong mudah namun memiliki harga jual yang cukup terjangkau. Lebih dari 70 persen produksi ikan air tawar diserap oleh pasar dalam negeri. Pulau Jawa menjadi penyerap terbesar mengingat jumlah penduduknya yang padat. Apabila dilihat dari potensinya, kebutuhan untuk pulau Jawa saja masih akan terus berkembang. Mengingat konsumsi per kapita ikan di Jawa masih di bawah konsumsi per kapita di luar Jawa.

Jenis paling populer

Produksi budidaya ikan air tawar dalam kolam didominasi oleh ikan mas, lele, patin, nila dan gurame. Lima jenis ikan tersebut menyumbang lebih dari 80 persen dari total produksi. Berikut sekilas profil ikan air tawar yang paling banyak dibudidayakan di Indonesia.

1. Ikan Lele

Ternak lele juga menjadi andalan pengusaha pemula, karena bisnis ini tergolong gampang dan membutuhkan modal yang tidak banyak. Dan hanya dalam waktu tidak kurang dari 3 bulan lele sudah siap untuk dipanen. Jika proses budidayanya dilakukan dengan cara yang modern waktu yang dibutuhkan untuk panen akan lebih cepat.

2. Ikan Nila

Usaha budidaya ikan tawar selanjutnya adalah ikan nila. Ikan nila dikenal dengan pertumbuhannya yang sangat cepat, yakni hanya membutuhkan waktu 4–6 bulan untuk pembesaran hingga cukup untuk dikonsumsi. Ikan nila atau Oreochromis niloticus sangatlah mudah untuk dibudidayakan, ikan nila kuat terhadap gangguan penyakit yang biasa dialami ikan lainnya. Dari sepasang indukan nila dapat menghasilkan 250–1000 butir telur, jumlah yang sangat banyak. Inilah yang menjadikan ikan nila sebagai salah bisnis ternak ikan air tawar yang menguntungkan.

3. Ikan Gurame

Usaha budidaya ikan gurame merupakan salah satu usaha budidaya ikan air tawar yang juga tidak kalah menguntungkan. Di daerah Jawa Barat ikan gurame dibesarkan hingga berbobot 3–4 Kg. Tetapi pembesaran seperti itu tidaklah ekonomis karena akan memakan waktu lama dan biaya yang lebih banyak. Idealnya gurame yang sudah siap dikonsumsi memiliki ukuran 1/2–1 kg. Di Asia Tenggara dan Tengah ikan gurame adalah salah satu ikan favorit untuk dikonsumsi. Namun di negara lain, ikan gurame biasanya hanya dipelihara di dalam akuarium sebagai ikan hias.

4. Ikan Mas

Usaha budidaya ikan air tawar yang menguntungkan nomor 4 adalah ikan mas. Pemijahan ikan mas menggunakan ijuk sudah dilakukan sejak tahun 1860 oleh masyarakat Ciamis, Jawa Barat. Bahkan teknik pemijahan ini masih digunakan hingga sekarang. Ternak jenis ikan ini sangatlah cocok dikembangkan di tempat yang beriklim tropis, itulah kenapa di Indonesia banyak peternak yang membudidayakan ikan mas. Ikan mas bisa dibudidayakan di kolam mengalir, tanah, dan keramba atau jaring terapung. Ikan mas hanya memerlukan waktu 4–5 bulan agar siap dikonsumsi, waktu yang cukup bagi para peternak untuk mendapatkan hasil panen.

Cara Pemasaran Ikan Air Tawar

Pemasaran ikan air tawar bisa dilakukan dengan berbagai cara. Seperti ke agen penampung, berlangganan dengan restoran, pasar atau dengan cara membuka lapak sendiri. Agar menemukan metode terbaik, Anda bisa langsung melakukan survey dengan cara bertanya ke orang yang sudah berpengalaman. Dengan cara tersebut, Anda akan mendapatkan pemahaman yang tinggi mengenai cara memasarkan produk.

PELUANG BISNIS SAYURAN

Bisnis sayur adalah bisnis yang sangat menarik untuk dijalani. Sebab, bisnis ini sangat menguntungkan. Meski begitu, sayur juga merupakan bahan yang mudah rusak. Sehingga, harus ada cara mengambil untung jualan sayur yang tepat supaya Anda tidak merugi. Terdapat 5 cara sukses berbisnis sayuran yang dapat dijadikan pertimbangan dalam menjalankan usaha :

1. Memilih sayuran sebelum dijual

Pemilihan jenis sayuran ini sangat penting untuk dilakukan untuk mengelompokkan jenis sayuran sesuai kualitasnya. Biasanya, sayuran dibedakan antara sayuran dengan kondisi baik dan sayuran yang kondisinya kurang baik (sedikit layu, daun berlubang, dll). Pemilihan jenis sayuran tersebut ditujukan agar semua sayur dapat dijual namun dibedakan harga sesuai dengan kualitas sayuran tersebut.

2. Mengemas sayuran dengan baik

Pengemasan sayuran yang dijual juga sangat penting untuk dalam menjalankan sebuah bisnis sayuran. Kemasan yang dipilih dapt berupa plastik wrap, styrofoam atau kantong plastik. Hal ini dilakukan agar sayuran bersih dan rapi. Selain itu, mengemas sayuran dengan baik dan menarik juga dapat menarik minat konsumen sehingga bisnis sayuran yang dijalankan bisa cepat sukses.

3. Berikan harga yang bersaing

Pemberian harga harus disesuaikan dengan harga yang berlaku dipasaran. Jangan memberikan harga yang terlalu mahal atau terlalu murah dari harga pasaran yang ada karena harga menjadi penentu kesuksesan dalam bisnis.

4. Berikan pelayanan yang baik

Selain kualitas dari sayuran yang dijual, sikap dari penjual juga menjadi faktor penentu dalam keberhasilan bisnis sayuran yang dijalankan. Selain itu, untuk memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen juga bisa memberikan layanan online atau pesan antar agar mempermudah konsumen.

5. Sediakan beragam jenis sayuran

Salah satu hal yang menjadi pertimbangan dalam menjalankan bisnis sayuran adalah adanya variasi sayuran yang dijual. Dimana, lapak dengan variasi sayuran yang lebih beragam akan cenderung ramai didatangi oleh konsumen. Variasi sayuran akuaponik yang dijual dapat berupa sawi, selada, terung, kale, tomat, dll.

Referensi:

Bisnis Budidaya Ikan Air Tawar, dikutip pada 19 Agustus 2020 dari h ttps://www.kolomsatu.com/bisnis-budidaya-ikan-air-tawar.html

Peluang Usaha Budidaya Ikan Konsumsi, dikutip pada 19 Agustus 2020 dari h ttps://www.berdesa.com/peluang-usaha-budidaya-ikan-konsumsi-yang-menguntungkan/

Ternak Ikan Yang Paling Menguntungkan, dikutip pada 19 Agustus 2020 dari h ttps://medium.com/@fahrizalw0/ternak-ikan-yang-paling-menguntungkan-63a49b78912c

Tips Berbisnis Sayuran Segar, dikutip pada 19 Agustus 2020 dari h ttps://www.berdesa.com/tips-berbisnis-sayuran-segar-bisnis-menggiurkan-untung-melimpah/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Akuaponik: Apa itu Siklus Nitrogen Dan Bakteri Starter?

STRATEGI PEMASARAN STP PADA PRODUK BUDIDAYA AKUAPONIK

[BISquad TEAM PAMIT]