Akuaponik: Apa itu Siklus Nitrogen Dan Bakteri Starter?

Dalam suatu sistem budidaya secara akuaponik, tentunya istilah siklus nitrogen sudah bukan menjadi istilah asing lagi untuk diperbincangkan karena siklus ini pasti akan terjadi pada ekosistem akuaponik. Namun, berbeda dengan kolam ikan akuaponik yang baru akan dibangun, diperlukan adanya penggunaan bakteri starter terlebih dahulu sehingga akan didapatkan populasi bakteri yang dapat menguntungkan pada sistem akuaponik. Apa itu siklus nitrogen?? Serta apa itu Bakteri Starter??. Yukk simak informasi di bawah untuk informasi lebih lanjut.

1. Siklus Nitrogen

Sumber:

Dalam budidaya secara akuaponik terdapat suatu siklus yang dinamakan dengan siklus nitrogen. Siklus nitrogen dimulai dengan hasil metabolisme makanan ikan yang akan menghasilkan sampah organik berupa feses dan urine ikan. Sampah organik ikan tersebut berbentuk amonia (NH4) yang apabila terdapat dalam konsentrasi yang tinggi dapat menjadi racun bagi ikan.

Dalam sistem akuaponik, amonia tersebut akan dimanfaatkan oleh bakteri pengurai yang hidup pada dinding kultur, media tanam, media filter dan lainnya sebagai makanan mereka. Bakteri aerob mengambil amonia sebagai makanannya, dan dari proses metabolisme makanan akan dihasilkan Nitrit (NO2+). Kemudian Nitrit akan dimanfaatkan oleh bakteri anaerob sebagai makanannya pula, dan dari proses metabolisme makanan akan dihasilkan Nitrai (NO3+). Proses tersebut biasanya dikenal dengan proses penguraian atau proses dekomposisi oleh bakteri heterotrofik.

Nitrat sebagai unsur hara makro akan dimanfaatkan oleh tanaman untuk pertumbuhannya. Tanaman akan menyumbangkan oksigen (O2) sehingga air (H2O) memiliki kualitas yang lebih baik untuk organisme yang hidup pada kolam akuaponik, baik ikan maupun bakteri pengurai. Proses tersebut akan berjalan secara terus-menerus di dalam sistem.

2. Penggunaan Bakteri Starter

Dalam budidaya secara akuaponik, terdapat suatu proses yang dinamakan dengan proses

1. Menggunakan ikan

Pada saat proses

2. Menggunakan bubuk amonia

S

3. Menggunakan donor

Cara

Referensi

Saharai, Herman. 2015. Siklus Nitrogen (Online).

Jimmycurug. 2018. Pengenalan Akuaponik (Online).

Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Buleleng. 2019. Persiapan Pertama Akuaponik: Nitrifikasi yang Baik .

Sastro, Yudi. 2016. Teknologi Akuaponik Mendukung Pengembangan Urban Farming. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jakarta.

Budiman, Muhammad. 2018. Buku Pegangan Akuaponik. Gresik.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

STRATEGI PEMASARAN STP PADA PRODUK BUDIDAYA AKUAPONIK

[BISquad TEAM PAMIT]