Model Akuaponik: Peralatan dan Bahan untuk Model "Media Beds"

Media bed atau sistem akuaponik aliran pasang surut ini terdiri dari bedengan dengan media hidroponik, seperti kerikil tanah liat atau kerikil yang diperluas, dan area tangki ikan. Dimana air disirkulasikan dari tangki ikan ke tempat bakteri dan tanaman untuk mengeluarkan nutrisi dari limbah. Kemudian air difilter dan setelah dibersihkan air dikembalikan lagi ke tangki ikan. Nahhh, pasti penasarankan gimana cara merakit model media bed ini?? Lalu apa saja sih alat dan bahan yang dibutuhkan?? Yukkk, langsung saja simak uraian kita tentang peralatan dan bahan untuk model media bed!!

Komponen-Komponen pada Akuaponik Model Media Bed

Menurut FAO/TECA (2015) Media bed memiliki beberapa komponen utama yaitu sebagai berikut:

1. Kolam

a. Bahan: Dapat dibuat dari plastik fiberglass atau bingkai kayu dengn karet kedap air atau lembaran polietilen di dasar dan di dalam dinding. Namun, yang paling popular itu menggunakan tangki IBC.

b. Bentuk: Bentuk standar untuk kolam model media bed yaitu berbentuk persegi panjang dengan lebar 1 m dan panjang 1 m hingga 3 m.

c. Kedalaman: Kedalaman dasar kolam model media bed juga penting, karena untuk mengontrol ruang akar tanaman. Biasanya memiliki kedalaman sekitar 30 cm.

2. Media Kolam: Medium perlu memiliki luas permukaan yang memadai dan tetap permeable untuk air dan udara, sehingga memungkinkan untuk bakteri tumbuh.

3. Filtrasi: Filtrasi berfungsi untuk memfilter kotoran padat sehingga dapat sirkulasi air dapat berjalan dengan baik.

4. Tiga Zona Media Bed: Setiap zona menampung beragam kelompok bakteri, jamur, mikroorganisme, dan yang paling penting adalah bakteri nitrifikasi yang digunakan untuk biofiltrasi.

Sumber: FAO/TECA (2015)
Sumber: FAO/TECA (2015)

5. Sistem Irigasi: Sistem irigasi memastikan bahwa kelembaban cukup setiap saat sehingga bakteri dapat berkembang dengan kondisi optimal. Berikut diagram aliran air dalam model media bed:

Sumber: FAO/TECA (2015)

Peralatan dan Bahan Model Akuaponik Media Bed

Berikut merupakan alat dan bahan yang dibutuhkan dalam merakit model media bed:

1. 1 Buah Tangki IBC Kapasitas 1000 liter

2. ½ m3 Batu Kerikil (split)

3. 1 Batang Pipa PVC Ukuran ¾ inchi

4. Pipa PVC Ukuran 4 inchi dan 2 inchi Secukupnya

5. Bell Siphon

6. 3 Knee Ukuran ¾ inchi

7. 1 Pompa Air

8. Gergaji Besi dan Lem Pipa

9. Bibit Tanaman dan Bibit Ikan

Tahapan Merakit Model Akuaponik Media Bed

Setelah menyiapkan peralatan dan bahan model akuaponik media bed, selanjutnya ketahap merakit untuk model media bed. Berikut merupakan tahapan-tahapannya:

1. Siapkan tangki IBC dan bersihkan dahulu hingga tidak ada kotoran yang menempel.

2. Kemudian potong tangki dengan ketinggian 30 cm dari bagian atas. Bagian atas untuk sebagai wadah media untuk menempatkan tanaman, sedangkan bagian bawahnya sebagai kolam untuk menempatkan ikan.

3. Siapkan bell siphon yang telah dirakit menggunakan pipa PVC. Masukkan media berupa batu kerikil (split) ke wadah media hingga ketinggian sekitar 15 cm. Setelah itu, atur pipa untuk sirkulasi air dari kolam, pompa dan wadah media.

4. Selanjutnya, isi tangki bagian bawah dengan air, lalu sirkulasikan air. Setelah semua siap, tempatkan bibit sayuran di media yang ada di bagian atas dan bibit ikan dibagian bawah.

(Agromedia.net).

Sumber: Agromedia.net.

Referensi:

FAO/TECA. 2015. Media Bed Aquaponic Unit: Step by Step Description. Africa. http://www.fao.org/teca/new-search-result/technology-detail/en/?uid=8395

https://agromedia.net/cara-merakit-akuaponik-media-based-atau-gravel-bed-system-2/ Diakses Tanggal 21 Juli 2020.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Akuaponik: Apa itu Siklus Nitrogen Dan Bakteri Starter?

STRATEGI PEMASARAN STP PADA PRODUK BUDIDAYA AKUAPONIK

[BISquad TEAM PAMIT]